It's Not Over!


Melanjutkan sesi pendistribusian bantuan berupa obat juga beberapa jenis masker (Medis, N95, dan Masker Handmade) yang masih datang Minggu ini, melanjutkan edukasi bahaya asap dan kenapa serta bagaimana harus mengorganisir melawan "titik api"-nya, dengan turunnya hujan beberapa hari kemarin, kabut asap belum sepenuhnya menghilang, jika pun ini selesai tahun ini, tahun depan bagaimana? Jadi, tak ada alasan ini harus berhenti berlanjut sebenarnya.

Dengan tetap berfokus pada Daerah Aliran Sungai (DAS) sekitaran Kota Palembang dan pada kelompok masyarakat yang dirasa tak bisa mengakses alat kesehatan cukup baik, memilih daerah 9-10 Ulu Palembang bukan tanpa alasan, dan RT.34 yang dimana bebarapa RT sebelahnya tak bisa kami temukan data pasti karena pindah pasca penggusuran beberapa waktu lalu. Aksi minggu ini mungkin akan cukup santai banding yang terakhir, tak ubahnya tabling kami tiap bulannya, tapi kali ini bukan mendistribusikan makanan, melainkan obat-obatan dan beberapa jenis masker.

Cukup kaget ketika mendengar beberapa sudah terlena dengan euphoria hujan beberapa hari ini, bukan, bukan kami tak ikut senang, hayolah ini jugalah yang kami tunggu beberapa bulan ini, hujan ini yang kita tunggu sepanjang berkabut asap ini, tapi untuk akhirnya benar-benar berpikir ini selesai sepenuhnya adalah juga kesalahan lainnya lagi.

Ini ekspansi, tiap proses ekspansi baru untuk tiap tahapan barunya, mereka selalu membutuhkan hal semacam ini untuk membuka lahan-lahan baru, memulai ekspansi-ekspansi baru, dari Rembang sampai Kulon Progo, dari Pati sampai Bali, dari Salim Kancil hingga anak-anak yang meninggal dan jutaan orang yang terpapar asap, proses penghisapan terhadap air, tanah dan udara dibutuhkan guna akumulasi laba, proses pertumbuhan untung-rugi yang mereka sebut dengan bangganya sebagai pertumbuhan ekonomi merata, dan nyawa adalah hanya sebagian faktor pendukungnya juga.

Sangat senang ketika akhirnya matahari tak lagi tertutupi asap kemarin, senang pun tiada ketara ketika hujan mulai turun cukup deras kemarin, yang tak menyenangkan adalah mendapati jika kita tetap terkecoh dengan lapisan permukaan ketimpangan kapital, dan akhirnya kembali melupakan darimana semua ini berikhwal.

Kami pun sadar tak cukup kuat, tapi untuk tetap saling mengingatkan, untuk tetap menjaga kewarasan massal, akhirnya juga adalah sebuah aksi paling personal tersendiri. Untuk menjaga konsistensi pada jargon usang dan terus saling membisikkannya; bahwa dunia tak baik-baik saja.
---------------------------------------
Food Not Bombs Palembang bersama
Brigade Palembang Melawan Asap

It's Not Over!
Aksi Melawan Kejahatan Korporasi Pembakar Hutan dan
Ekspansi Perusak Lingkungan

Distribusi Obat dan Masker
Lifflet Edukasi
Happening Art

RT.34 Kel. 9-10 Ulu Plaju-Kertapati Palembang
Minggu, 1 November 2015
Jam 14.00 - 17.00

Kontak : Roy Kobra // 082178081070

Silakan datang tetap dengan ajakan untuk berpartisipasi dalam hal apapun. Untuk ikut membantu dalam bentuk apapun dan mengambil bagianmu sendiri. Posko akan berada di depan masjid setempat, cukup sederhana karena tak ubahnya tabling biasa, sampai ketemu di sana!