Ini Bukan Bencana Alam; Aksi Melawan Tindak Kejahatan Korporasi Pembakar Hutan


[PRESS RELEASE]

INI BUKAN BENCANA ALAM!


Muara dari semua ikhwal aksi protes kabut asap adalah kesadaran jika ini bukan bencana malam sebagaimana yang diaminkan oleh berbagai medium sekitar kita. Kabut asap adalah bencana ekologis yang dalam artiannya adalah bencana buatan manusia, untuk hal ini (kabut asap red.) disebabkan oleh pembakaran lahan oleh korporasi demi pembukaan lahan kembali ataupun lahan gambut baru.


Istilah Melawan Asap pun bermula dari #MelawanasAPP, mensimbolkan APP (Asian Pulp and Paper) dan anak-anak perusahaannya sebagai penyumbang kebakaran terbesar tahun kemarin bersama korporasi lainnya yang sebagian besar kelapa sawit. Dan karenanya, melawan asap adalah melawan korporasi-korporasi pembakar hutan.


Kabut asap terus berulang, terjadi terus menerus, tahun menahun, tak ada penyelesaian pasti dan tindak lanjut jelas dalam penanganannya, karena seperti yang dibilang sebelumnya, semua asal muasal titik api sudah diketahui dan penyebabnya pun tak juga tertutupi kabut, kita punya semua jawaban atas bencana tahunan ini, yang kita butuhkan akhirnya di titik ini adalah pertanyaan.

Dikirimnya beberapa bantuan obat-obatan dan masker dari Rumah Harapan Melanie Jakarta yang akhirnya disusul oleh bantuan juga dari Medan (juga beberapa titik lain yang sudah konfirmasi tapi belom tiba bantuannya) akhirnya  menginisiasi aksi kali minggu ini, dengan tetap menuangkan satu hari energi penuh untuk mendistribusikan bantuan, kawan-kawan sepakat untuk mensinergiskan dengan aksi massa di hari yang sama.

Mendirikan sebuah posko aksi dan edukasi di Simpang Kantor DPRD Palembang sebagai posko sentral, juga posko mobile yang diorganisir dengan datang ke salahsatu wilayah korban kabut asap, yang pada kali ini adalah Gandus RT14. Karena melihat juga tenaga dan juga bantuan, jangkauan juga tak bisa terlalu luas, maka dipilihlah kawasan penduduk yang terkena dampak kabut asap cukup parah karena berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) dan yang terlebih parah lagi kesusahan mereka untuk mengakses obat-obatan ini sendiri.


Itu juga yang menginisiasi kawan lainnya untuk membuka divisi pendistribusian obat di beberapa titik jalanan untuk beberapa (misalnya) bapak/ibu pembersih jalan atau lainnya yang keseharian ada di jalanan dan menghirup asap, yang sialnya juga agak punya akses susah untuk mendapatkan obat.

Kegiatan di posko sentral (Simpang Kantor DPRD Palembang) akan dimulai pukul 10.00 dari pembagian masker, selebaran, dan pernyataan sikap lewat poster-poster dan banner-banner, ajakan terbuka untuk siapapun datang dan ikut serta dan mengambil bagiannya sendiri dalam satu hari, seperti yang dilakukan satu grup pantonim yang berkoordinasi dengan kita beberapa hari kemarin dan akan melakukan aksi teatrikal minggu nanti. Terbuka untuk semua bantuan dalam hal apapun, termasuk juga karya visual dari kawan-kawan yang pada momen kali ini bisa dikirimkan melalui email sebagai bentuk pendistribusian ide-ide dan aksi protesnya ini tersendiri.

Sekali lagi, ajakan terbuka untuk siapapun yang ingin berpartisipasi, yang perlu kalian lakukan hanya mengontak lebih awal agar tersinergis dengan baik. Sampai ketemu di hari Minggu, sampai ketemu untuk kembali berkumpul mempertanyakan banyak hal, untuk menjadi realistis dan menuntut yang tidak mungkin.


--------------------------------------------------------------


Food Not Bombs Palembang bersama Brigade Palembang Melawan Asap

INI BUKAN BENCANA ALAM!
"Sebuah Aksi Melawan Tindak Kejahatan Korporasi Pembakar Hutan"

Aksi Massa | Edukasi | Pembagian Masker

Pendistribusian Obat | Visual Propaganda

Minggu, 25 Okt 2015

Simpang Kantor DPRD Palembang
Jam 10.00 - Selesai

Kontak:

FNB Palembang
0821 757 959 40
foodnotbombsplg@Gmail.com

"Terus terbuka untuk berbagai bantuan;

partisipan, masker, atau obat-obatan agar ikut serentak didistribusikan
atau juga apapun termasuk karya visual didivisi Visual Propaganda"

Sekali lagi, ajakan terbuka pada siapapun yang menghirup kabut asap yang sama. Ambil bagianmu, dan ikut bersolidaritas untuk dirimu sendiri dan orang-orang tersayangmu sebagai korban kabut asap dari kejahatan korporasi pembakar hutan.


----------------

Diambil dari Press Release Food Not Bombs Palembang >> https://web.facebook.com/FNBPalembang/posts/722863654512163:0