Ruang Bebas Baca "Belajar Bikin Zine"



Event dan semangat “Ayo Bikin Zine” sudah pernah dilakukan oleh beberapa zinester lokal Palembang beberapa tahun yang lalu, di mana semangat per-zine-an jauh lebih berkobar di banding sekarang.

Seperti guyonan-serius-motivasi untuk selalu menjaga keinginan mencoba dan penasaran seperti pertama kali melakukannya, dan tanpa turun semangat seperti itu yang kita lakukan untuk terakhir kalinya.

Selalu ada yang pertama, itu yang dirasakan dan diangkat kembali oleh kawan-kawan Ruang Bebas Baca secara kolektif tentang membuat zine.

Ruang Bebas Baca adalah grup mandiri yang eksis hampir setahun terakhir ini, dari inisiasi beberapa orang yang dipertemukan di antara waktu luang, buku, dan taman. Konsep sederhana dengan memanfaatkan taman kota yang tanpa terasa berakhir dengan sebuah agenda rutin berbagi baca setiap minggu sorenya.

Tapi itu bukan akhir, setelah agenda rutin berjalan, banyak hal menyenangkan lainnya muncul, salahsatunya adalah terbentuknya kelas belajar untuk banyak anak-anak yang memang sering bermain setiap minggunya, tambah lagi terbentuknya jaringan baca di luar kota, dari sesederhana saling berkabar sampai bantuan bacaan yang dikirimkan.

Ajakan untuk donasi buku oleh kawan-kawan Ruang Bebas Baca tak pernah bisa diabaikan oleh banyak kawan, entah dari lokal Palembang maupun luar kota, dan sampailah mereka di tangung jawab pendistribusian, pemanfaatan berates-ratus bacaan itu.

Dan membangun perpustakaan adalah salah-satunya.

Simpang Bayat, Banyuasin dan Dusun 3 Dempo adalah dua lokasi perpustakaan yang sudah jalan, ruang, sebuah Ruang Baca jika perpustakan punya definisi yang terlalu luas.

Senang untuk tahu kawan-kawan Ruang Bebas Baca memilih zine sebagai salahsatu katalisator pengumpulan dana demi terwujudnya perpustakaan ini. Perpustakaan yang bukan hanya satu titik, demi pendistribusian yang lebih luas, mereka membangun beberapa perpustakaan di daerah-daerah minim bacaan.

-----------------------------------------
Baca Ruang
“Belajar Bikin Zine”
Edisi 1

Harga: Rp. 10.000 (Di Luar Ongkos Kirim)

Untuk Pembelian Zine:
Sangkakalam // sangkakalam@gmail.com

Untuk Paket Zine + Merch dan pembelian merch:
Ruang Bebas Baca
08980822388 // 085273529005 // 085267692880


Untuk zine, mungkin akan ada beberapa titik distribusi seperti Jakarta, Bandung dan Jogja untuk efektifitas biaya kirim, tapi tetap untuk lebih baik kontak kami terlebih dahulu. Salam!