Report AYO BIKIN ZINE ! (Event Eksibisi Literatur Alternatif)

Sabtu 5 Juni 2010 @ Taman Polda - Palembang

Ini adalah sebuah event kampanye kultur zine di Palembang. Sore itu sekitar jam 5 terlihat beberapa kawan sudah berkumpul di Taman POlda. Diantaranya terlihat membagi-bagikan flyer kampanye zine kepada orang-orang yang ada ditaman sore itu. Sesuai dengan jadwal diposter, acara akan dimulai pada jam 5 sore, tapi kegiatan ternyata baru dimulai selepas magrib setelah kawan-kawan yang mengorganisir kegiatan ini mulai menyusun sekedarnya zine-zine yang mereka bawa diatas lantai semen taman malam itu.

Kegiatan malam itu terlihat begitu sederhana. Lingkar orang-orang yang membaca zine. Laptop dan PDF zine yang meminta untuk di-copy. Ide-ide konyol tentang tema-tema zine yang diperbincangkan. Makanan-makanan kecil juga turut memberi warna lain pada suasana taman malam itu yang biasanya disinggahi orang-orang untuk sekedar berakhir pekan bersama pasangannya ataupun untuk kumpul-kumpul dan minum-minum bersama. Di lingkaran terlihat seorang kawan sedang menyusun lembar dari halaman sebuah zine sesuai dengan urutan halamannya diatas kertas kosong yang telah ia siapkan. Ini ternyata salah satu dari beberapa zine yang turut dipromosikan. Memuat berbagai tulisan mengenai zine; mengenai definisi zine, sejarah zine, kategori dalam zine, wawancara dengan editor zine, komik, review zine, dan banyak lagi tulisan-tulisan yang membahas tentang zine.
Bau aerosol menyerebak disekitar lingkaran. Workshop stencil telah dimulai. Sebelumnya saya memang telah membaca print out tutorial stencil yang merupakan bagian dari konten dari issue anekdot art zine di edisi 4 ini. Zine ini juga turut di promosikan walau masih dalam bentuk PDF zine. Entahlah mengapa, mungkin sang editor belum sempat mem-fotokopi-nya malam itu. Setelah seorang kawan yang menjadi fasilitator workshop menjelaskan tehnik dalam menyemprot, kemudian secara bergantian kawan-kawan yang lain ikut juga mencobanya diatas media kardus yang telah di persiapkan. Tak henti-hentinya terdengar gelak tawa diantara mereka yang terlihat sangat menikmati workshop tersebut yang juga menjadi bagian penutup dari kegiatan malam itu.

Kita membutuhkan lebih banyak lagi event seperti ini disini. Dan tentunya juga lebih baik lagi dalam persiapannya. Agar lebih tepat waktu, lebih tertata rapi, lebih komunikatif. Hingga budaya membaca dan menulis tidaklah lagi menjadi hal selalu berada dibawah. Jumpa lagi di kegiatan berikutnya. Tetap semangat kawan!